Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Integrasi, Contoh dan Dampak Integrasi.

 Apa Itu Integrasi?

Integrasi Nasional

    Integrasi adalah sebuah proses atau suatu bentuk penyesuaian dengan unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di dalam masyarakat untuk membentuk suatu persatuan terhadap kehidupan bermasyarakat.

    Menurut Paul Horton, integrasi adalah sebuah proses pengembangan masyarakat dimana segenap kelompok ras dan etnik dapat berperan secara bersama sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

    Menurut KBBI itu sendiri, integrasi adalah suatu pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang utuh atau bulat berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah.

Integrasi Nasional

    Di dalam bermasyarakat sendiri, tentunya kita memiliki banyak sekali perbedaan, baik dalam hal suku, budaya, ras dan agama yang seringkali dapat menimbulkan perselisihan atau pertentangan. Maka dari itu, diperlukanlah sebuah alat atau wadah untuk menyatukan perbedaan tersebut yang dinamakan integrasi.

    Integrasi sendiri memiliki bermacam-macam integrasi, baik integrasi sosial, integrasi budaya, integrasi politik dan ekonomi, serta integrasi suku. Integrasi merupakan hal penting yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat karena integrasi dijadikan acuan dan pedoman oleh masyarakat agar kehidupan rukun, damai, dan sejahtera.

    Integrasi Bagi Bangsa Indonesia

    Integrasi sendiri bagi bangsa Indonesia sangatlah penting, mengingat negara Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berbentuk Republik. Indonesia sendiri memiliki 17.504 pulau yang tersebar di Indonesia dengan 714 suku dan 1001 bahasa daerah yang berbeda-beda. Maka, tidak heran jika Indonesia merupakan negara yang yang rawan konflik akibat perbedaan.

    Untuk menyatukan perbedaan ini, maka integrasi penting ditanamkan sejak dini melalui Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila baik untuk SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi lainnya. Selain integrasi, sesuai dengan moto atau semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu juga.

    Oleh karena itu, integrasi wajib diajarkan dan diamalkan oleh setiap orang untuk mempererat tali persatuan bangsa indonesia. Sebelum Indonesia merdeka, Indonesia hanyalah sebuah daerah yang begitu banyak kerajaan, akan tetapi semua hancur dikarenakan adu domba yang dilakukan oleh Belanda.

    Contoh Integrasi Bangsa Indonesia

    Integrasi Sosial merupakan salah satu contoh integrasi yang paling penting di Indonesia. Integrasi sosial mengajarkan untuk saling menghargai perbedaan di dalam pergaulan baik dalam perbedaan ras, suku, agama, dan budaya. Agama merupakan salah satu paling sensitif atau rawan konflik.

    Saling menghargai dan mentoleransi setiap kehidupan beragama merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Sehingga, menciptakan keadaan masyarakat yang kondusif dan serasi. Hal ini merupakan cita-cita luhur para pahlawan yang menghendaki persatuan dan kesatuan dalam masa perjuangan kemerdekaan.

    Dampak Integrasi Bagi Bangsa Indonesia

    Integrasi memiliki banyak sekali manfaat atau fungsi di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, seperti 

1. Menciptakan kehidupan bermasyarakat yang saling menghormati.
2. Menciptakan kerukunan dan kesejahteraan didalam bermasyarakat.
3. Menciptakan kekuatan kebersamaan dalam bermasyarakat.
4. Mempunyai jiwa nasionalisme dan suka menolong.
5. Menghargai setiap perbedaan yang ada.
7. Mampu bekerjasama didalam bermasyarakat.
8. Menciptakan hubungan toleransi beragama.

Persatuan dan kesatuan

    Jadi itulah beberapa dampak yang diakibatkan oleh integrasi bangsa. Sebuah bangsa tidak akan bisa kuat tanpa persatuan dan kesatuan masyarakat didalamnya. Penting sekali untuk memahami fungsi dari integrais bangsa ini, sehingga kedepannya mampu memajukan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang baik.

    Demikian penjelasan mengenai Integrasi Bagi Bangsa Indonesia. Sekian dan Terimakasih. Jika ada pertanyaan bisa meninggalkan jejak di kolom komentar. Jangan lupa follow untuk mendapatkan informasi terbaru.

Post a Comment for "Pengertian Integrasi, Contoh dan Dampak Integrasi."