Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Chelsea Juara UEFA Super Cup 2021

 Chelsea berhasil menjadi Juara UEFA Super Cup 2021 usai mengalahkan Villareal lewat adu pinalti

Chelsea menjadi juara usai menumbangkan Villareal lewat adu penalti (6-5)
Sumber : Tribunnews.com

    Belfast, The Blues akhirnya menjadi juara setelah berasil mengalahkan Villareal dalam drama adu penalti dengan skor 6-5.  Trofi tersebut merupakan kali ke-2 Chelsea berhasil menjadi juara setelah sebelumnya menjadi juara pada tahun 1998.

    Di bawah asuhan Thomas Tuchel, Chelsea bermain agresif dari awal menit permainan, Kepa Arizzabalaga menjadi pahlawan Chelsea setelah berhasil menepis tendangan dua eksekutor penalti Villareal.

    Gol dari Chelsea di cetak oelh Hakim Ziyech pada menit ke-27.  Sedangkan gol dari Villareal dicetak oleh Gerard Moreno pada menit ke-71. Laga ini digelar di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara.

    Chelsea memulai laga dengan apik, mereka terus menekan secara konsisten di lini tengah Villareal sejak awal.

    Melalui pergerakan Marcos Alonso di sayap kiri, The Blues mendapatkan peluang pertama melalui sepakan Alonso.

    Namun, hal itu bisa diantisipasi Sergio Asenjo. Tidak lama berselang kali ini Chelsea mendapat peluang melalui bola mati. Tendangan bebas Chalobah berhasil disundul oleh Kai Havertz.

    Villareal bertahan dengan sangat rapat, mirip seperti formasi yang mereka lakukan saat menghadapi Manchester United di Final Liga Eropa.

    Tim asuhan Unai Emery ini memanfaatkan serangan balik cepat dari Gerard Moreno, namun transisi yang kurang cepat dari lini sayap  dan tengah Villareal belum mampu memberikan ancaman berarti untuk Mendy.

    Marcos Alonso menjadi ancaman yang sangat krusial bagi pertahanan Villareal, berulangkali Alonso berhasil mencari celah yang ditinggalkan Justin Floyth ketika transisi.

    Akhirnya gol datang di menit ke-27,  berawal dari akselerasi Alonso memberikan umpan kepada Kai Havertz yang melebar ke kiri. Dengan tenang, Havertz memberikan umpan tarik kepada Hakim Ziyech di depan gawang Asenjo.

    Sergio Asenjo tidak mampu menepis bola dan berhasil masuk membuat Chelsea unggul 1-0 atas Villareal.

    Villareal pun bangkit untuk mengejar ketertingalan, Trigueros yang bergerak ke sisi kanan pertahanan Chelsea memberikan umpan matang ke kotak pinalti. Namun, Moreno dan Nino terlambat mempertahankan bola yang kemudian dibuang keluar oleh Kurt Zouma.

    Pada menit ke-32, Villareal mendapat peluang ketika akselerasi Foyth membuat dirinya tidak terkawal. Beruntung Mendy masih bisa menggagalkan peluang tersebut.

    Lima menit berselang, Chelsea mendapatkan peluang emas ketika tendangan jarak dekat Maecos Alonso harus membuat Asenjo berjibaku menyelamatkan gawangnya.

    Chelsea nyari menggandakan keunggulan, berawal dari sepakan bebas yang diarahkan ke Rudiger yang tanpa pengawalan, sayangnya tendangannya melambung diatas mistar gawang.

    Dan skor 1-0 menutup pertandingan babak pertama.

    Di babak kedua, Villareal yang tertinggal berusaha menekan Chelsea sejak awal laga. Villareal hampir menyamakan kedudukan, bermula dari kesalahan Mendy dalam melakukan tendangan gawang bola mengarah ke Boulaye Dia.

    Arah permainan babak ke dua berubah, Villareal lebih mendominasi jalannya pertandingan di babak ke dua. Mereka berulang kali menekan pertahanan Chelsea yang cukup solid.

    Pada akhirnya, Villareal berhasil menyamakan kedudukan setelah Rudiger membuat kesalahan dan bola berhasil direbut oleh Gerard Moreno. Bekerja sama dengan Boulaye DIa, bola di backheel oleh Dia kepada Moreno yang men-chip bola melewati kiper Chelsea, Mendy.

    Skor berubah menjadi 1-1 pada menit ke 27.

    Pertandingan berjalan menarik setelah Villareal sukses menyamakan kedudukan. Marcos Alonso yang gemilang di babak pertama nyaris tidak memiliki peluang berarti di babak kedua.

    Skor 1-1 menjadi hasil akhir di pertandingan normal 90 menit.

    Di babak perpanjangan waktu, Pulisic nyari merubah keadaan bagi Chelsea jika tendangannya tidak melebar tipis dari samping gawang Sergio Asenjo.

    Dalam dua kali babak ekstra time, Chelsea lebih dominan, namun belum mendapatkan peluang yang berarti. Memasuki babak adu penalti, Chelsea menarik Mendy dan memasukkan Kepa Arrizabalaga.

    Pergantian ini berhasil, Kepa mampu menepis eksekutor ke 7 Villareal, Raul Albiol dan membuat Chelsea menang dramatis dengan skor 6-5 atas Villareal.

Berikut daftar eksekutor penalti UEFA Super Cup 2021 :
  • Chelsea
  1. Kai Havertz (gagal)
  2. Azpilicueta (berhasil)
  3. Marcos Alonso (berhasil)
  4. Masont Mount (berhasil)
  5. Jorginho (berhasil)
  6. Pulisic (berhasil)
  7. Rudiger (berhasil)
  • Villareal
  1. Gerard Moreno (berhasil)
  2. Aissa Mandi (gagal)
  3. Pervis Estupinan (berhasil)
  4. Moi Gomez (berhasil)
  5. Daniel Raba (berhasil)
  6. Juan Foyth (berhasil)
  7. Raul Albiol (gagal)
    Susunan Pemain UEFA Super Cup 2021
  • Chelsea (3-4-2-1)
  1. Mendy
  2. Chalobah
  3. Kurt Zouma
  4. Rudiger
  5. Hudson-Odoi
  6. N'Golo Kante
  7. Mateo Kovacic
  8. Marcos Alonso
  9. Hakim Ziyech
  10. Kai Havertz
  11. Timo Werner
  • Villareal (4-4-2)
  1. Sergio Asenjo
  2. Foyth
  3. Raul Albiol
  4. Torres
  5. Pedraza
  6. Capoue
  7. Trigueros
  8. Pino
  9. Gerard Moreno
  10. Nino
  11. Dia

Post a Comment for "Chelsea Juara UEFA Super Cup 2021"