Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor dan Cara agar Anak Kembar

 Faktor dan Cara Apa Saja yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Anak Kembar?

    Dalam sebuah keluarga, tentunya seringkali kita dibuat gemas dengan bayi. Akan tetapi, sebagian keluarga menginginkan sepasang bayi kembar.

    Dalam beberapa bulan terakhir, kelahiran bayi kembar telah meningkat. Dilansir dari Health Flo, jumblah kelahiran bayi kembar meningkat sekitar 75% dalam 30 tahun terakhir. Menurut penelitian, wilayah dengan jumblah kelahiran bayi kembar terbanyak berada di Afrika Tengah. Sementara di Asia dan Amerika Latin memiliki persentasi kelahiran bayi kembar yang rendah.

Bayi kembar dibedakan menjadi dua, yaitu bayi kembar identik dan bayi kembar non-identik. Kembar identik terjadi ketika satu sel telur dibuahi oleh satu sperma, kemudian telur tersebut akan membelah menjadi 2 dua embrio terpisah.

    Bayi kembar identik kemungkinan berbagi plasenta dalam satu kantung, atau berbagi plasenta, namun dalam kantung ketuban yang terpisah. Secara genetik, kedua bayi itu identik.

    Sedangkan kembar non-identik terjadi keika dua sel telur berbeda dibuahi oleh dua sperma yang berbeda pula. Kembar non-identik memiliki plasenta sendiri dan komposisi genetiknya lebih unik.

Faktor yang meningkatkan peluang anda untuk hamil anak kembar

    Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan peluang anda memiliki anak kembar, baik dengan bantuan medis atau perawatan kesuburan maupun secara alami. Dikutip dari Very Well Family, Berikut faktor-faktor yang berpeluang besar meningkatkan ibu hamil anak kembar.

1. Usia

    Wanita yang hamil di atas usia 30 tahun lebih memiliki peluang mengandung anak kembar. Ini dikarenakan hormon perangsang folikel (FSH) meningkat seiring bertambahnya usia wanita. FSH bertanggungjawab atas perkembangan sel telur di dalam ovarium sebelum dilepaskan.

    Wanita yang lebih dari 30 tahun biasanya membutuhkan kadar SFH yang lebih tinggi karena sel telur membutuhkan lebih banya stimulasi untuk tumbuh dibandingkan wanita yang masih muda.

    "Ini agak ironis, mengingat peningkatan FSH juga disebabkan oleh penurunan kesuburan. Tapi terkadang, folikel bereaksi berlebihan terhadap kadar FSH yang lebih tinggi, dan dua atau lebih sel telur dilepaskan," kata Rachel Gurevich, perawat bersertifikat.

2. Berat badan ibu

    Wanita yang mengalami obesitas berlebihan cenderung hamil kembar dibandingkan wanita dengan berat badan yang lebih ideal. Ini merupakan sebuah situasi dimana wanita yang berlebihan berat badan juga lebih memungkinkan kesulitan hamil.

    Obesitas menyebabkan adanya lemak berlebih sehingga terjadi peningkatan kadar estrogen yang lebih tinggi dapat menstimulasi ovarium melepas dua hingga lebih sel telur saat ovulasi.

3. Tinggi badan ibu

    Wanita dengan postur tubuh yang lebih tinggi dari rata-rata juga cenderung melahirkan anak kembar. Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa wanita dengan tinggi sekitar 164,8 cm memiliki kemungkinan yang lebih besar hamil kembar daripada yang tingginya 161,8 cm.

4. Riwayat keluarga

    Seseorang yang ingin memiliki anak kembar selalu diakit-kaitkan dengan riwayat keluarga, namun tidak selalu riwayat keluarga menjadi acuan jika ingin memiliki anak kembar. Jika ada saudara kembar non-identik dari pihak ibu dan ayah, peluang mendapatkan anak kembar semakin tinggi.

    "Riwayat kembar non-identik di sisi perempuan keluarga menunjukkan kemungkinan lebih tinggi untuk berevolusi lebih dari satu sel telur per siklus," ujar Gurevich.

    Beberapa tips kembar secara alami bagi anda yang ingin hamil kembar

    Untuk meningkatkan persentase kehamilan kembar, ada sejumblah tips yang bisa anda lakukan. Mengutip dari Happy Mom, berikut diantaranya :

1. Konsumsi produk susu

    Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter bernama Gary Steinman dan rekannya, mengkonsumsi produk susu berkolerasi dengan kehamilan kembar. Wanita yang mengkonsumsi produk berbahan susu memiliki peluang lima kali lebih besar untuk melahirkan anak kembar dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi susu.

    Beberapa peneliti juga sependapat dengan Gary Steinman bahwa tidak hanya produk susu, tetapi juga hormon pertumbuhan dalam susu membantu memiliki anak kembar.

2. Hamil di masa menyusui

    Wanita yang hamil saat masih menyusui mungkin lebih cenderung hamil kembar dibandingkan dengan yang tidak. Menyesui diketahui dapat menekan kesuburan dan mencegah kehamilan, khususnya selama 6 bulan pertama, sangat mungkin untuk hamil saat menyusui dan dengan kehamilan kembar.

    "Sebuah studi menemukan bahwa kemungkinan kelahiran anak kembar akan meningkat menjadi 11,4 persen diantara wanita menyusui, dibanding hanya 1,1 persen pada wanita yang tidak menyusui," ucap Gurevich.

3. Berhenti mengkonsumsi pil KB

    Pil KB juga berperan penting menjadi faktor hamil anak kembar. Saat berhenti mengkonsumsi pil ini, maka tubuh anda akan membutuhkan waktu agak lama untuk menemukan ritme alaminya.

    Hal tersebut menyebabkan tubuh memiliki fluks hormon yang lebih tinggi dari biasanya. Jika bunda mencoba hamil sekitar waktu itu akan ada peluang lebih besar hamil kembar.

4. Jarak antar kehamilan

    Untuk meningkatkan peluang hamil kembar, anda harus memberikan jarak yang cukup di antara kehamilan. Kehamilan yang cepat bisa menghambat peluang untuk memiliki anak kembar.

5. Sarankan suami mengkonsumsi makanan kaya akan zinc

    Makanan kaya zinc seperti sayuran berdaun hijau, tiram, roti, dan biji-bijian dapat merangsang produksi sperma. Karena itu, dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan labih dari satu telur.

6. Posisi berhubungan seks atau intim

    Posisi seks diyakini dapat mendukung peluang anda untuk hamil anak kembar, beberapa posisi seks tersebut, yaitu :
  • Side by Side
    Posisi ini juga dikenal sebagai doggy style, dimana wanita akan berposisi menekuk lutut, dan pasangannya akan melakukan penetrasi dari belakang. Dalam posisi ini, serviks akan lebih mudah didekati oleh sperma, sehingga akan mendukung untuk hamil kembar.
  • Standing Up
    Sama seperti side by side, posisi seks ini juga memberikan penetrasi yang dalam.
  • Missionary
    Posisi ini atau man-on-top dapat membantu sperma memasuki sel telur dengan mudah. Ini adalah posisi terbaik untuk menghasilkan hamil kembar.

7. Konsumsi makanan herbal

    Ternyata ada tumbuhan herbal tertentu yang diyakini dapat bisa membantu meningkatkan kesuburan, khususnya dengan pembuahan anak kembar. Berikut ini beberapa tumbuhan herbal, yaitu :
  • Minyak evening primrose
    Minyak ini sudah terkenal sebagai peningkat kesuburan selama berabad-abad. Dengan khasiatnya, minyak ini dapat membantu mempromosikan produksi lendir serviks yang sehat dan mengalir di saluran reproduksi.

    Dengan lendir serviks yang sehat, dapat membantu sperma bertahan lebih lama di dalam ovarium. Untuk menggunakannya, dianjurkan saat puncak menstruasi dan melanjutkannya hingga ovulasi.
  • Licorice
    Ramuan dengan rasa manis ini berguna untuk membantu siklus menstruasi dengan lancar, sehingga akan memudahkan untuk melacak hari dan tanggal ovulasi. Licorice berguna membantu mengontrol tingkat hormon testoteron dan estrogen, sehingga akan mendukung seluruh proses pembuahan.
  • Minyak Biji Rami
    Minyak ini memiliki kemampuan hebat untuk meningkatkan kesuburan pada wanita dan meningkatkan peluang untuk mengandung anak kembar secara alami.

    Minyak ini bekerja dengan mengatur produksi hormon dan mempertahankan siklus menstruasi secara teratur. Selain itu, ini juga berfungsi untuk memastikan keseimbangan yang tepat anatara hormon progesteron dan estrogen.
  • Singkong Thailand
    Singkong juga dapat menjadi suplemen herbal paling efisien, yang dikenal karena berpengaruh terhadap tingkat kesuburan. Fitoestrogen yang terkandung pada singkong dapat membantu dan sangat bekerja untuk membantu hormon wanita, sehingga secara tidak langsung meningkatkan peluang hamil anak kembar.
  • Akar Maca
    Akar ini berfungsi sebagai adaptogen dan meningkatkan fungsi reproduksi sehat pada tubuh wanita. Selain itu, berfungsi juga meningkatkan kesuburan secara keseluruhan pada pria maupun wanita, sehingga secara tidak langsung meningkatkan peluang hamil anak kembar.

    Untuk itu perlu diperhatikan, bahwa peluang memiliki anak kembar tidak hanya bergantung pada satu faktor melainkan banyak faktor. Memang memiliki anak kembar merupakan keinginan sebagian orang, namun yang paling terpenting adalah memiliki anak yang sehat.

    Karena itu, selalu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis lainnya serta selalu mengikuti saran mereka untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Post a Comment for "Faktor dan Cara agar Anak Kembar"