Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Covid-19 dan Penyebabnya

 Pengertian Covid-19 dan Apa Penyebabnya

Ilustrasi Corona Virus 2019. (Sumber : Tribunnews.com)

    Covid 19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti, flu hingga infeksi paru-paru, seperti pneumonia.

    Covid-19 adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus, yaitu SARS-CoV-2 yang dikenal dengan virus Corona.

    Kasus pertama kali, terjadi di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Setelah itu, Covid-19 menular antarmanusia dengan sangat cepat dan menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia dalam beberapa bulan.

    penyebaran yang sangat cepat membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memperlaukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus yang lebih parah. Indonesia sendiri, pemerintah menerapkan kobajakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran virus Corona.

    Penyebab Covid-2019

    Covid-19 disebabkan oleh SARS-CoV-2, yaitu virus jenis baru dari coronavirus (kelompok virus yang menginfeksi sistem pernafasan). Infeksi virus Corona bisa menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu, atau infeksi sistem pernapasandan paru-paru, seperti pneumonia.

    Pada penghujung tahun 2020, beberapa laporan kasus menyebutkan bahwa virus Corona telah bermutasi menjadi beberapa jenis atau varian baru, seperti varian delta.

    Covid-19 pada awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Setelah itu, diketahui bahwa infeksi tersebut juga bisa menular dari manusia ke manusia. Penularannya bisa melalu berbagai cara, seperti :
  1. Tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) yang keluar saat penderita Covid-19 bersin atau batuk.
  2. Memegang mulut, hidung, atau mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah menyentuh benda yang terkena droplet penderita Covid-19, misalnya gagang pintu atau uang.
  3. Kontak jarak dekat (kurang dari 2 meter) dengan penderita Covid-19 tanpa menggunakan masker.
    CDC dan WHO menyatakan bahwa virus Corona juga bisa menular melalui aerosol (partikel zat di udara). Meski demikian, cara penularan tersebut hanya terjadi dalam beberapa medis tertentu, seperti bronskopi, intubasi endrotrakeal, hisap lendir, dan pemberian obat hirup melalui nebulizer.

    Dari data yang dikeluarkan oleh WHO, saat ini ditemukan beberapa varian SARS-Cov-2, yaitu :
  1. Variant Alfa (B.1.1.7) yang pada awalnya ditemukan di Inggris sejak September 2020.
  2. Varian Beta (B.1.351/B.1.351.2/B.1.351.3) yang pada awalnya ditemukan di Afrika Selatan sejak Mei 2020.
  3. Varian Delta (B.1.617.2/AY.1./AY.2./AY.3) yang pada awalnya ditemukan di India sejak Oktober 2020.
  4. Varian Gamma (P.1/P.1.1/P.1.2) yang pada awalnya di Brazil sejak November 2020.
  5. Varian Eta (B.1.525) yang ditemukan di berbagi negara sejak Desember 2020.
  6. Varian Lota (B.1526) yang ditemukan di India sejak Oktober 2020.
  7. Varian Lamda (C.37) yang ditemukan di Peru sejak Desember 2020.

Post a Comment for "Pengertian Covid-19 dan Penyebabnya"